Mengenai Saya

Foto saya
palembang, sumatera selatan, Indonesia
tak ada yang bisa ku bagi kepada kalian semua... semoga sedikit pengetahuan ku bermanfaat bagi kalian

Sabtu, 16 Maret 2013

mekanisme pengasaman lambung

























Pengasaman Lambung
 




                                                                                 
 H+ dan CL-secara aktif ditransport ke dlm lumen lambung oleh pompa-pompa yang umumnya berpasangan. Panah padat : transpor aktif; Panah putus-putus : difusi. CI=cairan interstisial; LL=lumen lambung.

            Pada saat masuknya makanan ke lambung, maka lambung akan menstimulus dinding lambung untuk melepaskan hormone gastrin ke dalam darah. Reseptor hormone tersebut berada di sel lambung juga, akibatnya lambung akan mengeluarkan getahnya yang mengandung asam klorida (HCL) dan enzim pepsin serta amilase. Reaksi pelepasan asam klorida sebagai bagian getah lambung dikenal sebagai reaksi pengasaman lambung. Oleh karena itu , nutrient yang bersifat karbohidrat dan protein dapat menjadi fragmen yang lebih kecil sedangkan lipid masih dalam kondisi yang sama. Pekatnya asam lambung ini dapat di tolerir oleh dinding lambung, karena selain mengeluarkan asam klorida, permukaan dinding lambung ditutupi oleh lender atau mucus sehingga tidak terjadi kerusakan dinding lambung.

Mekanismenya :
pH asam kim yg memasuki duodenum menstimulasi sel-sel dinding usus mensekresikan hormon skretin. Skretin menstimulasi pankreas untuk membebaskan bikarbonat, yang menetralkan kim asam itu. Enterogastron kedua yaitu kolesistokinin (CCK), disekresikan sebagai respon terhadap kehadiran asam. Asam amino atau asam lemak. CCK menyebabkan kantung empedu berkontraksi dan membebaskan getahnya ke dalam usus halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar